MAIL
MERGE
Mail Merge atau surat masal adalah
sebuah fasilitas dari Word untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus
dari satu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan dua buah file untuk
mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data
kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada proses pengiriman, kedua file
tersebut digabungkan.
Langkah-langkah
membuat mail merge adalah
sebagai berikut:
1. Buka microsoftword ,Kliktombol Start, pilih All Program,
kemudianpilih Microsoft Office, kemudianklikpada Microsoft Office.
2. Setelah Program Microsoft word terbuka,
Untukteks yang di bawah yth dan di
bawah di itu dikosongkan saja ,itu nantinya sebagai tempat kode mail merge. Jadi dikosongkan saja.
3.
Setelah selesai diketik,
sekarang membuat data mail Merge. Klik pada Menu Mailings,
Kemudian klik pada
Toolbar Start mail Merge, lalu klik pada
Step by step Mail Merge Wizard.
4. Kemudian pada bagian kanan jendela
Microsoft word, akan muncul jendela Mail Merge. Pada Select document type pilih
letters, kemudian klik pada Next: Starting
document.
5. Tahap selanjutnya pada Select starting document pilih Use the current document, kemudian pilih Next: select recipients.
6. Tahap selanjutnya pada Select recipients pilih pada Type a New list,
lalu klik pada Create.
7 . Setelah klik tombol create, Jendela New Address
list akan terbuka seperti gambar
di bawah ini. Kita buat ketiga address tersebut secara manual, dengan cara klikpadatombol
customize Columns.
8. Setelah kamu klik
Customize Columns, akan terbuka jendela Customize addres list seperti gambar di bawah ini. Hapuslah semua yang ada pada Field names dengan cara Klik pada tombol Delete.
9. Jika nanti muncul pertanyaan seperti gambar di bawah ini, klik saja
Yes.
10. Setelah kamu menghapus semua Field names ,klik pada Add.. , untuk menambahkan Field baru,
kemudian ketikkan nama Field dan klik tombolOK. (nama field pada latihan ini
“nama”dan
“alamat”).
11. Address
list yang baru pun akan tampak seperti gambar
di bawah ini, dan Klik pada tombol OK.
12. Setelah kamu klik tombol Ok, akan muncul jendela penyimpanan file. Berikan nama file nya pada kolom
file name kemudian klik tombol Save.
13. Sekarang
Data mail Merge telah selesai,
kemudian klik pada tombol Ok.
14. Sekarang saatnya meletakkan kode mail merge pada ruang kosong
yang telah kita sediakan tadi,
Letakkan kursor pada ruangan kosong untuk nama dan alamat yaitu di bawah tulisan Yth.
Bapak/Ibu/Sdr.
Sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini:
15. Untuk merubah kode , , dan menjadi data yang sebenarnya klik padaIcon
Preview Result.
16. Dan
hasilnya akan tampak seperti gambar
di bawah ini.
Sedangkan untuk menampilkan
data urutan kedua, ketiga dan seterusnya,
klik pada tanda panah kekanan,
sedangkan untuk kembali klik pada tanda panah kekiri.
Sekarang
data mail merge telah selesai dibuat.........................................................















Tidak ada komentar:
Posting Komentar